More than just a word

Anything, Everything, and All the Things..

Pengalaman (Mencari) Kerja

35 Comments

Kalau orang-orang memiliki banyak pengalaman kerja, lain halnya dengan saya. Jujur, secara resmi dan diakui, saya belum pernah memiliki pengalaman kerja. Tapi duluuuu sekali waktu saya semester 3, saya pernah mengajar bahasa Inggris di SD terdekat, tapi hanya 2 bulan saja dan saya tidak menganggapnya sebagai pengalaman karena hanya sebentar. Saya juga pernah mengajar di SMP kurang lebih 3 bulan, itupun karena mata kuliah PPLK (Praktek Pengalaman Lapangan Kependidikan) atau semacam PKL lah. Itu pun tidak saya masukkan ke dalam CV sebagai pengalaman kerja karena itu memang kewajiban kuliah. Hehehe.

Dari mulai kuliah semester 8, aya sudah berkali-kali apply sana sini namun belum ada yang nyangkut karena beragam. Berikut akan saya beberkan rinciannya.

BIDANG PENDIDIKAN

Karena latar saya adalah pendidikan bahasa Inggris, maka saya mencoba untuk apply ke beberapa lembaga pendidikan (Bimbelan/kursusan) sebagai pengajar bahasa Inggris.

πŸ™‚

1. Ganesha Operation – Position: English Instructor

Saya melamar untuk posisi sebagai pengajar bahasa Inggris di GO pada 28 Februari 2012. Mencoba peruntungan lah, walaupun tidak ada info lowongan. Beberapa hari kemudian, saya dipanggil untuk test tulis, tepatnya pada hari Sabtu. Saya menyanggupi. Tapi ternyata, tiba-tiba saya tidak dapat hadir karena suatu alasan.

Maka gugurlah.πŸ™‚

2. Nurul Fikri – Position: English Teacher

Di NF ini saya apply untuk posisi pengajar bahasa Inggris juga pada 20 Maret 2012 (ulang tahun aku :p). Dipanggilnya cukup lama, sekitar 2 bulan. Pada Mei, saya lupa tanggalnya, saya pun mengikuti test masuk. Ini test pertama yang saya jalani. Sebelum mengikuti test, dijelaskan terlebih dahulu tentang salary dan benefit-benefit yang akan didapat. Lumayan susah soal-soalnya dan membingungkan. Akhirnya seminggu setelah test, saya ditelpon oleh pihak NF dan dinyatakan lolos test. Senang rasanya. Saya juga diminta untuk membuat slide presentasi untuk test micro teaching nanti. Untuk jadawal micro teaching nya, katanya nanti akan dikabari lagi. Saya pun menunggu. tapi ternyata tidak dipanggil-panggil lagi.

Percobaan kedua: gagal.

3. Primagama English – Position: English Instructor

Primagama English ini icon nya Nikita Willy, dan berbeda dengan primagama yang umum. Melihat ada iklan lokernya di Radar Banten, saya mencoba untuk apply dan mengajak teman saya. Saya lupa kapan tepatnya saya apply di sini, tapi kalau gak salah, sekitaran bulan Mei, karena pada saat itu saya baru selesai PPLK.

Singkat cerita, saya pun dipanggil untuk interview kalau tidak salah, pada hari Jumat/Sabtu sore hari. Dan ini pertama kalinya saya interview kerja. Lumayan deg-degan. Pertanyaan ini-itu pun dilontarkan. Saya diminta untuk mengikuti training di hari Senin jika memang benar-benar berminat. Kemudian saya berpikir lagi, saat itu saya baru mengajukan judul skripsi dan takut jika nanti akan keteteran. Apalagi, lokasinya lumayan jauh dari tempat saya. Akhirnya, saya memilih untuk tidak mengikuti training.

Huffft, gak jadi lagi deh kerja.

4. Primagama – Position: English Tentor

Yak! Dilanjut lagi, perjuangan saya belum berhenti. Dengar dari seorang teman, primagama sedang membutuhkan pengajar bahasa Inggris. Saya pun segera mendaratkan CV lengkap saya di meja resepsionis. Beberapa hari kemudian, saya ditelpon dan diundang untuk mengikuti test tulis. Lagi-lagi saya lupa tanggal berapa. Ini untuk kedua kalinya saya mengikuti test setelah di NF. Testnya pun lebih mudah dari NF, tapi banyak soal yang diulang dan tidak ada jawabannya. Entahlah.

Selang beberapa hari, saya ditelpon lagi dan dinyatakan lolos test. Saya juga dipanggil untuk test microteaching dan interview. Saya bertanya materi untuk jenjang apa yang harus disiapkan, dan mereka bilang untuk SMP/SMA. Okelah, saya segera menyiapkan materi untuk tingkat SMP, yaitu degree of comparison.

Besoknya (16 Juli 2012), ceritanya saya datang untuk mengikuti test micro teaching. Hanya ada beberpa orang yang mengikuti. Saya pun menunggu setelah mengisi absen. Dan ternyata benar-benar diluar dugaan. Saya diminta untuk mengajar materi yang kemarin menjadi soal test tulis. WOW banget. Tapi yasudah. Saya menjalaninya dan kemudian tidak dipanggil lagi.πŸ˜€

Gagal maning…

5. EvFia Land School – Position: English Teacher

Nyoba lagi.. Kali ini di EvFia Land School. Aku kirim aplikasinya via e-mail pada 20 Juli 2012, dan responnya lumayan cepat. Email saya langsung dibalas dan diminta untuk interview pada 21 Juli 2012 jam 1. Saat itu bulan puasa (apa hubungannya?). Okeh.. saya pun tiba dengan selamat di sana. Pertama pertama sih, diminta untuk mengerjakan soal dulu. Mudah. Cuma mengerjakan soal matematika dan bahasa Inggris tingkat sekolah dasar. Setelah itu, baru saya diinterview, ditanya ini itu, dan lain-lain. Saat itu yang mereka butuhkan adalah full-time teacher, dan (lagi-lagi) pada saat itu saya belum lulus kuliah.Β Saya diminta untuk datang lagi keesokan harinya untuk observasi dan penentuan apakah saya diterima atau tidak.

Dan keputusannya… jeng jeng!! Saya tidak diterima karena belum lulus. Hiks, hiks, padahal saya sudah merasa nyaman berada di sana walau hanya sehari.

Selain ke lima lembaga itu, saya juga mencoba ke beberapa lembaga lainnya juga, tapi saya kalah sebelum bertanding, alias menyatakan tidak bisa ketika ditelpon, ada juga yang tidak dipanggil lagi. Hehehe.. they are:

6. LPIA-Gama UI

7. EM Club

8. BBC ETS (yang ini belum ada panggilan lagi)

9. Salemba UIΒ (belum ada panggilan juga)

 

NON-KEPENDIDIKAN

Selain di bidan pendidikan, saya juga mencoba peruntungan saya di bidang non-kependidikan, tapi yang tentunya masih berkaitan dengan latar pendidikan dan kemampuan saya. Sudah banyaaaaak sekali saya mencoba (cek sent mail), tapiΒ  yang akan saya ceritakan di sini hanya 2 saja ya, karena hanya di dua tempat ini ada tindakan REAL nya.

Cekidot..

1. PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. (ALFAMART)

Selepas saya wisuda, saya dan teman-teman yang lain mendapat undangan untuk mengikuti psikotest yang diadakan Alfamart pada 25 November 2012. Iseng-iseng lah, saya pun ikutan. Ini pertama kalinya saya mengikuti test di perusahaan swasta. Soalnya ada yang test IQ dan juga kepribadian. Sebelumnya, kita diminta untuk mengisi formulir dulu yang berisi tentang biodata, gaji yang diinginkan, dan melamar untuk posisi apa. Setelah psikotest selesai, saat itu juga diumumkan siapa saja yang tereliminasi. Saya termasuk ke dalam golongan orang-orang yang namanya tidak disebutkan alias lolos test tahap pertama.πŸ˜€

Langsung interview HR. Karena peserta lumayan banyak, saya pun menunggu lama sekali. Sampai sekitar jam 3 kalau gak salah. Setelah interview HR, tunggulah selama 2 minggu. Jika lolos, akan dipanggil lagi untuk interview tahap 2, interview user namanya. Dan sampai hari ini, 2 minggu belum berlalu.πŸ™‚

 

2. PT. Cilegon Metal Recycling

PT ini tergolong perusahaan baru di Merak. Bergerak di bidang metal scrapping. Ceritanya, saya apply untuk posisi sebagai penerjemah (translator) di sini pada 19 November 2012. Lalu, saya pun dipanggil untuk interview. Ternyata pemiliknya orang Jepang dan India. Saat itu, yang menginterview saya adalah orang Jepang. Di sini, rupanya ada kesalahpahaman. Yang mereka harapkan adalah interpreter, bukan translator. Tapi tak apeu lah, saya mencoba menjajal kemampuan saya.

Singkat cerita, setelah nego ini-itu, saya datang lagi selasa kemarin (27/11/2012) untuk test drive. Pekerjaannya lumayan melelahkan bagi saya. Ternyata saya bukan hanya menjadi penerjemah saja, melainkan menjadi asisten menejer yang mengurus ini-itu. Dan jujur, saya sama sekali tidak ada basic untuk itu. Ketika diminta datang lagi esok harinya, saya menolak.πŸ™‚

 

Well, begitu lah pengalaman saya dalam mencari kerja. Honestly, lelah rasanya ke sana ke mari but I still haven’t found what I’m looking for.

Author: keiria

A mother

35 thoughts on “Pengalaman (Mencari) Kerja

  1. Jeng jeng jeng. Semangat ya.

    Btw Asyik kayaknya kalo dibuat film cerita tentang mencari pekerjaan. Haha

  2. Amazing, Keira! Selalu semangat ya gapai cita-cita nyaπŸ™‚

  3. om…tgl 28 november kmren aq jg ikut psikotes yg diadain alfamart di jatiwarna bekasi…aq jg diminta menunggu 2 minggu lgi buat tes wawancara dgn manager area..gini om..yg mau aq tanyakan??mungkin g menghubungi dadakan dan saat itu jg hrus melakukan interview??mohon pencerahan.trima kasih

    • aduhh, aku bukan om ya..πŸ˜€
      ya mungkin aja sih kayanya, aku juga belum tau soalnya..
      coba cek kaskus deh, di sana ada thread nya juga..πŸ™‚
      search aja PT.MIDI UTAMA INDONESIA

  4. hehehe…maaf maaf…soalny g liat propilny…yg buat bingung…aq domisiliny jogja..lha klau hrus bolak balik jogja cikarang kan jd bnyk biaya…klau tahu pasti tgl tes di kantor alfa cikarang kan kesanany mepet2 tglnya…klau blh tau melamar dikntor alfamart sbg apa ya??klau aq ditawari di IC (Inventory Control)

    • iya, emang sih kalo alfa itu ditempatkannya sesuai dengan yg mereka butuhkan, bukan domisili..
      paling ngontrak atau ngekost biasanya..
      aku melamar sebagai training officer mas..πŸ™‚

  5. udah ditlp pihak alfa blm mbak??apa hrus nunggu 2 minggu spt yg dikatakan sama pihak rekruitmen kmaren ya???

  6. MT tu posisi apa ya mbak??
    oh iya aq kmren tgl 5 desember jam 2 siang sudah ditlp pihak alfa…diminta dtg tgl 7 desember buat interview jam 9 pgi….mudah2an mbak dipanggil jg..jdi bsa sama2 interviewny…nanti sore brangkat kekrawang…lanjut ke cikarang…sukses buat mbak kieria

  7. dah interview sama managerny…tapiii…msh disuruh nunggu seminggu lagi pengumuman diterima ato g nya…
    ƗƗɐd3Ζ—Ζ— :sX_X ƗƗɐd3Ζ—Ζ— : (˘_˘Ω₯)

  8. wah hebat yah kamu udah brusaha kemana-manaπŸ™‚

  9. alhamdulillah mbak…aq dah terima..besok kamis diminta ke kantor buat tanda tangan kontrak..

  10. blm rezekiny di alfa x mbak..mungkin rezekiny bkerja ditmpat laen…smoga lekas dpat pekerjaan…sehingga bsa mengaplikasikan ilmu yg didapatkan dijenjang pendidikan yg telah dilalui kmren…

  11. Pingback: Kerja Online « More than just a word

  12. β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β–‘β–ˆβ–ˆβ–ˆβ–‘
    β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘
    β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘
    β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘
    β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β–‘β–‘β–‘β”€β”€β”€β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘
    β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β–‘β–ˆβ–ˆβ–ˆβ–‘β”€β”€β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘
    β”€β”€β”€β”€β”€β”€β”€β–‘β–ˆβ–ˆβ–‘β–‘β–‘β–ˆβ–ˆβ–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘
    β”€β”€β”€β”€β”€β”€β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘
    β”€β”€β”€β”€β–‘β–ˆβ–ˆβ–‘β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘
    β”€β”€β”€β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–ˆβ–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘
    β”€β”€β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘
    β”€β”€β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘
    β”€β”€β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–ˆβ–‘
    β”€β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–ˆβ–‘
    β”€β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–ˆβ–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘
    β”€β–‘β–ˆβ–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–ˆβ–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘
    β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–ˆβ–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘
    β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘
    β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘
    β–‘β–ˆβ–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘
    β”€β–‘β–ˆβ–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–ˆβ–‘
    β”€β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–ˆβ–ˆβ–‘β–ˆβ–‘
    β”€β”€β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–ˆβ–ˆβ–‘β–‘β–‘β–ˆβ–ˆβ–‘β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘
    β”€β”€β”€β–‘β–ˆβ–ˆβ–‘β–‘β–ˆβ–ˆβ–ˆβ–‘β–‘β–ˆβ–ˆβ–‘β–ˆβ–‘β–‘β–ˆβ–‘
    β”€β”€β”€β”€β–‘β–ˆβ–ˆβ–‘β–‘β–‘β–ˆβ–ˆβ–ˆβ–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘
    β”€β”€β”€β”€β”€β”€β–‘β–ˆβ–ˆβ–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘
    β”€β”€β”€β”€β”€β”€β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘
    β”€β”€β”€β”€β”€β”€β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘
    β”€β”€β”€β”€β”€β”€β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘
    β”€β”€β”€β”€β”€β”€β–‘β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘
    β–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ”€β”€β–‘β–ˆβ–‘β–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘
    β–ˆβ”€β”€β–ˆβ”€β”€β–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ”€β”€β–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–‘
    β–ˆβ”€β”€β–ˆβ”€β”€β–ˆβ”€β”€β–ˆβ”€β”€β–ˆβ”€β”€β–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆ
    β–ˆβ”€β”€β–ˆβ”€β”€β–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ”€β”€β–ˆβ”€β”€β–ˆβ”€β”€β”€β”€β”€β”€β–ˆ
    β–ˆβ”€β”€β–ˆβ”€β”€β–ˆβ”€β”€β–ˆβ”€β”€β”€β”€β–ˆβ–ˆβ”€β”€β–ˆβ–ˆβ”€β”€β–ˆ
    β–ˆβ”€β”€β–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ”€β”€β–ˆβ”€β”€β–ˆβ”€β”€β–ˆβ”€β”€β”€β”€β”€β”€β–ˆ
    β–ˆβ”€β”€β”€β”€β”€β–ˆβ”€β”€β–ˆβ”€β”€β–ˆβ”€β”€β–ˆβ”€β”€β–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆ
    β–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ”€β”€β–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ”€β”€β–ˆβ”€β”€β”€β”€β”€β”€β–ˆ
    β”€β”€β”€β”€β”€β”€β–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ”€β”€β–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆ

  13. Wah semangat2, saya dulu juga pengalaman jadi pengangguran sampe 7 Bulan.. hahahaha salam kenal ya…:D

  14. tetap semangat mba, Q jg stil in proses mencari kerja nii,,
    emang susah cih klo masih fresh graduate yaa..

  15. Pingback: My Job(s) | More than just a word

  16. sekarang kerja dimana buk

What's Your Opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s