More than just a word

Anything, Everything, and All the Things..

Aku Tidak Tahu Benar atau Salah, Yang Aku Tahu, Ada Sejuta Cinta Untukmu

2 Comments

Menjadi seorang ibu, pengalaman paling mengesankan yang aku alami sepanjang sejarah hidupku. Dan ini akan menjadi kisah seumur hidup.

Menjadi seorang ibu, sesungguhnya tidaklah selalu seindah foto-foto ceria yang diunggah di media sosial dengan caption-caption romantis nan menawan. Tidak selalu begitu.

Ada saat-saat di mana kau merasa menjadi orang paling beruntung sealam jagat, ada saat-saat di mana kau merasa ini kisah terkelam sepanjang hayat.

Ada saat di mana kau merasa kau lah orang yang paling penuh cinta, ada pula saat di mana kau merasa penuh bersalah menyesali tindakanmu yang berlawanan jauh dengan kata ‘cinta’.

Selamat datang, di kehidupan seorang ibu.

Aku, bukan seorang ibu sempurna seperti yang dituntut oleh teori-teori parenting. Banyak kesalahan-kesalahan yang aku buat. Sialnya, aku tahu itu salah namun dalam kondisi tertentu tetap kulakukan juga.

Aku, seorang ibu rumahan. Dua puluh empat jam mengurus anak, menghadapi tawa dan tangisnya, riang dan rewelnya, manis dan tantrumnya. Seorang diri. Ya, sendiri. Tanpa pengasuh. Tanpa pembantu. Tanpa kerabat yang membantu.

Aku tidak mengatakan diriku hebat karena aku mengurus semuanya tanpa bantuan. Semua terdesak oleh situasi. Dan dalam situasi yang sangat terdesak, aku pun sering lepas kendali, yang pada akhirnya aku sesali.

Sejuta maaf mungkin tidak akan pernah bisa menghapus rasa bersalahku dan kenangan pahit dalam memorinya. Maaf nak, ibumu ini hanya manusia biasa.

Tapi yang perlu kamu tahu, kamu adalah kebahagiaan terindah yang pernah aku miliki. Kamu membuatku percaya ungkapan-ungkapan cinta yang sebelumnya aku ragukan; cinta pada jumpa pertama, mencintai lebih dari diri sendiri.

Ya, aku mencintaimu sejak pertama aku melihatmu–bahkan jauh sebelum aku bertatap muka denganmu. Kamu juga membuatku mencintaimu lebih dari aku mencintai diriku sendiri. Maafkan aku yang sering tidak tahan mendengar tangisan dan jeritanmu saat kau merasa sesuatu tidak sesuai dengan keinginanmu. Maafkan aku yang masih belum bisa mengatur emosi menghadapimu yang sesungguhnya sedang belajar mengatur emosi juga–dan sayangnya aku belum bisa menjadi contoh baik untukmu.

Kamu juga harus tahu, aku selalu dan akan selalu menyayangimu. Karir, cita-cita, semua aku lepas demi kamu, demi merawat dan menjagamu.

Suatu saat nanti kamu akan tumbuh dewasa, menjadi seorang istri, seorang ibu. Jangan pernah ragu untuk selalu menghubungiku saat kau menemui kesukaran. Aku akan selalu ada dalam hidupmu kapan pun kau membutuhkan. Semoga itu bisa menjadi penghapus kesalahan-kesalahanku di masa kecilmu.

Sejuta cinta (bahkan lebih) akan selalu tersedia untukmu, sayang…

Lots of love,
Bunda

Author: keiria

A mother

2 thoughts on “Aku Tidak Tahu Benar atau Salah, Yang Aku Tahu, Ada Sejuta Cinta Untukmu

  1. Aku.. nangis bacanya. Di tahun pertama jadi ibu emang banyak banget hal-hal yg kadang bikin aku desperate, so hopeless. Tapi bener kata Saa, masa-masa ini utk sepanjang hayat akan selalu dan terus jadi hal yg mengesankan. 🙂

What's Your Opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s