More than just a word

Anything, Everything, and All the Things..

Cabut Geraham Bungsu: Ouchh!!

Leave a comment

Sebenernya gue tipe orang yang gak cukup punya nyali buat ngelakuin hal yang bernama cabut gigi. Terlebih gue orangnya takut banget sama jarum suntik. Tapi karena gak tahan sakit gigi berkepanjangan pada geraham bungsu sebelah kiri yang juga udah bolong parah, gue berani-beraniin deh cabut gigi. Dan gue kapok!! 😷😭

Jadi, awalnya gue periksa dulu ke dokter gigi di klinik Kimia Farma Cilegon (kebetulan BPJS nya di situ), kemudian beliau kasih rujukan untuk cabut gigi di RSUD Cilegon.

Singkat cerita, sampailah gue di RSUD. Nah, pas duduk di ‘kursi panas’ di ruang dokter gigi itu gue udah deg-degan gak karuan. Oh, ya, sebelumnya gigi di-rontgen dulu. Entahlah impaksi atau engga. Posisinya sih geraham gue nongol normal tapi kayak agak miring gitu. Kemudian, di kursi panas, mulailah sang dokter gigi menyuntik dinding mulut gue (pipi bagian dalam). Jangan tanya sakitnya gimana. Sedih kalo diceritain mah. It hurts sooooo badd!! 😭

Setelah suntik, dia diamkan beberapa saat dan mulai mencongkel si bungsu. Dan gue merasa kesakitan luar biasa sampe teriak. Lalu dokternya bilang, ‘Loh, emang masih kerasa sakit? Kalo gitu harus dibius lagi.’

I was like, ‘What???? Suntik lagi???’

Setelah suntikan kedua itu baru deh pipi gue berasa kebal, kayak kesemutan dan beliau kembali menjalankan aksinya. Prosesnya berlangsung lamaaaaa. Dokternya bilang sih gigi gue keras gitu, susah diambilnya. Ditambah lagi guenya gak rileks (katanya). Gue cuma meringis aja and hope everything’s fine. Sulit untuk rileks di saat gue tau bagian tubuh gue sedang diutak-atik. Pisau bedah, benda-benda sejenis obeng, tang, bor, pada masuk ke mulut gue. Hikssss..

Akhirnya, setelah si bungsu berhasil diangkat, gue lega banget dan tak lupa mengucap hamdalah. Gue pikir selesai sampai di situ. But wait, the dentist then said, ‘Tinggal diobras nih’ sambil bawa jarum dan benang jahit. Gue kembali ketakutan 😲😨

Setelah proses menjahit selesai, gue disuruh gigit semacam tampon yang ada betadine nya dan gak boleh dilepas selama setengah jam. Dikasih tau juga gak boleh kumur-kumur dulu selama sehari semalam. Terus dikasih resep, ngantri buat ambil obat, dan pulang.

Gue pikir setelah gigi dicabut masalah selesai. Tapi ternyata enggak. Karena udahnya masih kerasa sakit nyut-nyutan luar biasa dan gue sering nangis karenanya 😢. Dua hari kemudian bahkan sampe bernanah. Gue khawatir itu adalah dry socket (dari hasil googling). Dan itu sakitnya pake bangeeeeettt. Bikin inget dosa 😭. Belum lagi dada yang kerasa sering sesak, mungkin efek dari kebanyakan minum asam mefenamat sebagai pereda nyeri. Bener-bener gak nyaman deh. Gue cuma bisa makan bubur dan yang lunak-lunak. Itu pun gak banyak. Beneran diet yang ampuh pokoknya.

Akhirnya satu minggu berlalu dan tiba saatnya gue kontrol jahitan. Dokternya bilang udah bagus, tapi lukanya belum sembuh, katanya sih lama sembuhnya. Entah berapa lama. Lalu beliau mulai melepas benang jahitnya. Dan gue diresepin antibiotik lagi dan vitamin B. Kali ini gak dikasih pereda nyeri. Gue agak sedikit lega pas beliau bilang udah bagus, walau kadang masih suka nyut-nyutan.

Nah, the problem is… Sekarang udah satu minggu dari lepas benang jahitan itu, tapi si gusi masih suka nyut-nyutan ringan (gak sehebat dulu sakitnya) sampe ke telinga. Gue juga masih suka berasa perih di area pipi yang bekas dibius (secara gue dibius dua kali). Lalu gue memberanikan diri untuk ngeliat dari cermin dengan bantuan senter. Dan hal menyeramkan terlihat. Gusinya masih bolong sampe keliatan tulang dari dalemnya. Gue lemes dong. Takut. Tapi dari hasil googling, katanya itu normal karena penyembuhan bisa sekitar 2-3 bulan. Jadi mungkin sekitar 3 bulanan gue masih akan merasakan sakit. Mau kontrol lagi tapi gue bener-bener masih trauma dan takut. Semoga semua baik-baik saja, ya Allah 😖😇

Tulisan ini bukan untuk menakut-nakuti, karena banyak juga cerita sukses di balik kisah pencabutan geraham bungsu. I’m just sharing my experience.

Author: keiria

A mother

What's Your Opinion?

